Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

Makalah Administrasi Pendidikan Tentang Tujuan dan Manfaat Administrasi Pendidikan

0 komentar




MAKALAH ADMINISTRASI PENDIDIKAN
 



Tentang
TUJUAN DAN MANFAAT ADMINISTRASI PENDIDIKAN



DISUSUN OLEH :
DEA KOMALA SARI

Dosen Pengampu :
AHMAD ROJALI,M.Pd


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
AS-SHIDDIQIYAH
TAHUN AKADEMIK 2015
JL. Lintas Timur Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya Kab. OKI
Sum-sel 30657



KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan baik. Makalah ini berjudul  “Tujuan dan Manfaat Administrasi”. Makalah ini disusun agar dapat bermanfaat sebagai media sumber informasi dan pengetahuan.

Ucapan terima kasih kepada Dosen Mata Kuliah Pengantar Ilmu Administrasi Pendidikan, teman-teman dan semua pihak yang telah terlibat dan memberikan bantuan dalam bentuk moril maupun materil dalam proses penyusunan makalah ini, sehingga dapat selesai tepat pada waktunya.

Penyusun menyadari makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang bersifat konstruktif sangat dibutuhkan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan berguna serta bisa digunakan sebagaimana mestinya.


                                                                                    Lempuing Jaya,   Maret 2015

                                                                                                            Penulis



DAFTAR ISI

HALAMAN DEPAN................................................................................. i
KATA PENGANTAR............................................................................... ii
DAFTAR ISI.............................................................................................. iii

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang............................................................................. 1
1.2 Rumusan Masalah......................................................................... 1
1.3 Tujuan........................................................................................... 2
1.4 Manfaat........................................................................................ 2

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan.................................... 3
2.2 Tujuan Administrasi Pendidikan.................................................. 5
2.3 Manfaat Administrasi Pendidikan................................................ 7

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan................................................................................... 8
3.2 Saran............................................................................................. 8

DAFTAR PUSTAKA................................................................................ 9



BAB I
PENDAHULUAN
1.1         LATAR BELAKANG

Administrasi adalah kegiatan yang menduduki kedudukan sentral di dalam pembinaan dan pengembangan pada setiap kegiatan kerjasama sekelompok manusia, dalam bidang pendidikan juga harus ada administrasi yang mampu mengembangkan dan mencapai tujuan pendidikan. Karena pada lingkungan setiap lembaga pendidikan formal terdapat sejumlah manusia, baik yang berkedudukan sebagai pimpinan maupun sebagai tenaga pelaksana. Mereka tidak cukup dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan mengenai bidang pendidikan saja, akan tetapi harus dibekali pula dengan kemampuan bekerjasama dan kemampuan mengarahkan kerjasama itu guna mencapai tujuan lembaga pendidikan masing-masing.

Dalam dunia pendidikan diindonesia, bidang studi administrasi pendidikan boleh dikatakan masih baru. Dinegara-negara yang sudah maju, administrasi pendidikan mulai berkembang dengan pesat sejak abad 20-an, terutama sejak berakhirnya perang dunia kedua. Khususnya dinegara kita Indonesia administrasi pendidikan mulai diperkenalkan melaluai beberapa IKIP sejak tahun 1960-an, dan baru dimasukkan sebagai mata pelajaran dan mata ujian di SGA/SPG sejak tahu ajaran 1965/1966. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika para pendidik sendiribanyak yang belum memahami betapa perlu dan pentingya adminstrasi pendidikan itu dalam penyelenggaraan dan pengembanagan pendidikan pada umumnya. Disamping itu, administrasi pendidikan itu sendiri sebagai ilmu, terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembanagn pendidikan dinegara masing-masing.

1.2         RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang di atas dapat di rumuskan masalah sebagai berikut:

1.      Bagaimana Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan?
2.      Apa Tujuan Administrasi Pendidikan?
3.      Apa Manfaat Administrasi Pendidikan?



1.3         TUJUAN

Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu sebagai berikut:
1.       Agar mengetahui Ruang Lingkup  Administrasi Pendidikan
2.       Agar mengetahui Tujuan dari administrasi pendidikan
3.       Agar memahami Manfaat  dari administrasi pendidikan

1.4     MANFAAT
            Manfaat pembuatan makalah ini sebagai  berikut:
1.       Dapat mengetahui Ruang Lingkup  Administrasi Pendidikan
2.       Dapat mengetahui Tujuan dari administrasi pendidikan
3.       Dapat memahami Manfaat  Administrasi Pendidikan




BAB II
PEMBAHASAN

2.1     RUANG LINGKUP ADMINISTRASI PENDIDIKAN
1.      Administrasi tata laksana sekolah yang meliputi ;
·         Organisasi dan Struktur
·         Otorisasi dan anggaran
·         Kepegawaian
·         Perlengkapan dan perbekalan
·         Keuangan dan pembukuan
·         Korespondensi/surat menyurat
·         Laporan
·         Pengangkatan,penempatan dan pemindahan serta pemberhentian
·         Pengisian buku pokok (induk) raport dsb.
2.      Administrasi personal guru dan pegawai sekolah melipuiti;
a.       Pengangkatan dan penempatan guru
b.      Organisasi personal guru
c.       Masalah kepegawaian dan kesejahteraan guru
d.      Rencana orientasi bagi tenaga guru baru
e.       kondiute dan penilaian kemajuan guru
f.       Inservise training dan up-grading guru.
3.      Administrasi murid melipuiti;
a)        Organisasi dan perkumpulan murid
b)        Masalah kesehatan dan kesejahteraan murid
c)        Penilaian dan pengukuran murid
d)       Bimbingan dan penyuluhan.
4.      Supervisi Pengajaran meliputi;
a.         Usaha membangkitkan dan merangsang semangat guru
b.        Usaha mengembanngkan,mencari dan menggunakan metode baru
c.         Mengusahakan cara-cara menilai hasil pendidikan dan pengajaran
d.        Usaha mempertinggi mutu dan pengalaman guru.
5.      Pelaksanaan dan pembinaan kurikulum meliputi;
a.         Mempedomani dan merealisasikan apa yang tercantum dalam kurikulum
b.        Menyusun dan melaksanakan organisasi kurikulum beserta materi,sumber  Dan metode.
c.         Menuruti atau megikuti kurikulum yang sudah ada juga berhak atau boleh  Memilih atau menambah materi atau metode  yang sesuai dengan kebutuhan.

Dalam buku “Pedoman Umum Menyelenggarakan Administrasi Sekolah Menengah, disebutkan pula mengenai ruang lingkup kegiatan administrasi sekolah adalah meliputi:
a.       Administrasi program pengajaran
b.      Administrasi murid atau siswa
c.       Administrasi kepegawaiaan
d.      Administrasi keuangan
e.       Administrasi perlengkapan
f.       Administrasi surat menyurat
g.      Administrasi perpustakaan
h.      Administrasi pembinaan kesiswaan
i.        Administrasi hubungan sekolah dengan masyarakat

6.      Pendirian dan perencanaan bangunan sekolah meliputi;
a.       Cara memilih letak dan menentukan luas tanah yang dibutuhkan
b.      Mengusahakan, merencanakan, dan menggunakan biaya  pendirian gedung  sekolah
c.       Menentukan jumlah dan luas ruangan-ruangan kelas, kantor, gudang, asrama, lapangan olahraga, podium, kebun sekolah, dsb, serta komposisinya satu sama lain.
d.      Cara-cara penggunaan gedung sekolah dan fasilitas-fasilitas lain yang efektif dan produktif, serta pemeliharaannya secara kontinyu.
e.       Alat-alat perlengkapan sekolah dan alat-alat pelajaran yang dibutuhkan
f.       Apa yang tercantum pada nomor 1 s/d 5 diatas sangat erat hubungannya dengan kurikulum, kondisi-kondisi, serta kemajuan masyarakat setempat dan bertambahnya jumlah anak-anak setiap tahunnya yang memerlukan sekolah tersebut.

7.      Hubungan sekolah dengan masyarakat meliputi

Hal ini mencakup hubungan sekolah dengan sekolah-sekolah lain, hubungan sekolah dengan pemerintah setempat, hubungan sekolah dengan instansi-instansi dan jawatan-jawatan lain, dan hubungan sekolah dengan masyarakat pada umumnya.



Dari uraian diatas, maka bidang-bidang yang mencakup dalam administrasi pendidikan dapat dikelompokan menjadi 3:
a.       Administrasi material, yaitu kegiatan administrasi yang menyangkut bidang-bidang materi/ benda-benda, seperti ketatausahaan sekolah, administrasi keuangan, gedung, dan alat-alat perlengkapan sekolah, dan lain-lain.
b.      Administrasi personel, mencakup didalamnya administrasi personel guru dan pegawai sekolah, dan juga administrasi murid. Dalam hal ini masalah kepemimpinan dan supervisi atau kepegawaian memegang peran yang sangat penting.
c.       Administrasi kurikulum, mencakup dialamnya penyusunan kurikulum, pembinaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, seperti antara lain pembagian tugas mengajar pada guru-guru, penyusunan syllabus atau rencana pengajaran tahunan, persiapan harian dan mingguan, dan sebagainya[1].

2.2     TUJUAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN

Tujuan administrasi pendidikan tidak lain adalah agar semua kegiatan itu mendukung tercapainya tujuan pendidikan atau dengan kata lain administrasi digunakan didalam dunia pendidikan adalah agar tujuan pendidikan tercapai.

Seperti yang dikatakan Sergiovanni dan Carver (1975), ada 4 tujuan aministrasi yaitu: efektivitas produksi, efisiensi, kemampuan menyesuaikan diri (adaptiveness), dan kepuasan kerja[2].
Sasaran administrasi pendidikan adalah manusia, maka pelaksanaannya tidak boleh tidak dapat disetarafkan dengan “ordenil mesin”. Sifat administrasinyapun tidak bias bersifat mekanistis. Pelaksanaan administrasi pendidikan harus bersendikan pada prinsip-prinsip yang sifatnya kooperatif dan demokratis. Kegiatan administrasi pendidikan hendaknya didasarkan pada:

1)      Tujuan pendidikan dan perkembangan anak didik,
2)      Adanya koordinasi dalam semua usaha,
3)      Penggunaan waktu, tenaga dan alat secara efektif dan efesien,
4)      Partisipasi yang luas dalam menentukan policy dan program,
5)      Memindahkan kekuasaan yang sesuai dengan tanggung jawab,
6)      Menghindarkan overlapping fungsi.
Tujuan administrasi pendidikan dapat dikelompokkan kepada tujuan jangka pendek, tujuan jangka menengah, dan tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek dari administrasi pendidikan adalah agar tersusun dan terlaksana suatu system pengelolaan komponen instrumental dari proses pendidikan yang meliputi komponen siswa, pegawai guru, sarana/prasarana, organisasi, pembiayaan, tata usaha dan hubungan sekolah dengan masyarakat, agar terlaksananya proses pendidikan di sekolah secara efektif yang menunjang tercapainya tujuan pendidikan di sekolah yang bersangkutan.

Tujuan jangka menengah administrasi pendidikan mengarah kepada pencapaian tujuan institusional setiap jenis dan jenjang serta program pendidikan. Sedangkan tujuan jangka panjang administrasi pendidikan adalah tujuan yang diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Disamping itu secara operasional administrasi pendidikan bertujuan untuk:

1)      Memudahkan pekerjaan administrasi dalam bidang pendidikan, memudahkan proses pelaksanaannya, memanfaatkan potensi manusia dan material yang diharapkan akan dapat menghasilkan keputusan-keputusan administrasi dalam bidang pendidikan yang sifatnya realistis, kolektif, dan sehat untuk mencapai penyelesaian masalah administrasi dalam bidang pendidikan yang dihadapi.
2)      Menciptakan iklim ruhaniah, psikologis dan sosial dengan memperhatikan dan memupuk kejujuran, amanah, keikhlasan dalam bekerja.
3)      Meningkatkan moral dan semangat kesetiakawanan di antara individu yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan administrasi pada lembaga pendidikan.
4)      Meningkatkan produktivitas kerja para pekerja, serta memperbaiki kualitas, metode dan media dalam kaitannya untuk mencapai tujuan pendidikan.
5)      Meningkatkan kemampuan pekerja dan mempertinggi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara terus menerus dalam melakukan pekerjaan yang diemban.
6)      Mengadakan perubahan yang diinginkan dalm proses pendidikan dengan seluruh aspeknya dan mendorong peserta didik dalam mencapai pertumbuhan yang menyeluruh dan utuh, serta dapat melakukan penyesuaian dalam masyarakat yang selalu mengalami perubahan.
7)      Menghubungkan antara proses pendidikan dan tujuan-tujuan pembangunan dalam masyarakat, serta mempererat hubungan pendidikan dengan masyarakat/ lingkungan.[3]

2.3     MANFAAT ADMINISTRASI PENDIDIKAN[4]

Adapun manfaat administrasi pendidikan menurut Prof. Dr. H. Asnawir adalah sebagai berikut:
1.      Mengangkat derajat kinerja pekerja dan menolong mensukseskan dan memperbaiki kinerja tersebut.
2.      Menciptakan iklim kerja yang baik untuk menerapkan prinsip-prinsip hubungan kemanusiaan yang sehat dengan menekankan penghargaan kepada setiap orang pada lembaga pendidikan  yang bersangkutan.
3.      Mendorong menterjemahkan, merubah pikiran-pikiran dan teori-teori pendidikan menjadi kurikulum, program, metode, media, prosedur dan berbagai aktivitas pendidikan lainnya untuk menempuh jalan yang tepat dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
4.      Berusaha menghubungkan/mempertemukan lembaga pendidikan dengan masyarakat kearah pengembangan, kemajuan dan kestabilan.

Selanjutnya Ahmad Sabri dalam bukunya administrasi pendidikan menyebutkan manfaat administrasi pendidikan bagi seorang tenaga kependidikan yang mempelajari administrasi pendidikan adalah:
1)      Dapat mengetahui dan menyadari akan tugas-tugas dan kewenangan yang mesti dipikulnya serta mengetahui bagaimana cara-cara melaksanakan tugas-tugas dan kewenangan masing-masing.
2)      Dapat menghindarkan kesalahan-kesalahan kerja atau overlapping kerja/ tugas.
3)      Mengetahui bagaimana melaksanakan sesuatu kegiatan kependidikan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan supaya tercapai efektif serta secara tepat.
4)      Mengetahui batas-batas hak dan kewajiban masing-masing tenaga kependidikan.



BAB III
PENUTUP
3.1     KESIMPULAN
Dari uarian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa administrasi adalah semua kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan. Selanjutnya pengertian administrasi pendidikan adalah tindakan mengkoornisasikan perilaku manusia dalam pendidikan, agar sumber daya yang ada dapat ditata sebaik mungkin, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara produktif atau dengan kalimat lain dapat disimpulkan bahwa administrasi pendidikan adalah kegiatan yang dilakukan di instansi pendidikan secara beersama-sama untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang diinginkan.

Secara umum tujuan administrasi pendidikan adalah untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas penyelenggaraan kegiatan operasional pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan. Adapaun yang menjadi tujuan utama pendidikan adalah untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan peserta didik agar menjadi warga Negara yang memiliki kualitas, sesuai dengan cita-cita bangsa berdasarkan pancasila.

Adapun manfaat administrasi pendidikan adalah sangat banyak, namun dapat disimpulkan bahwa manfaat administrasi pendidikan adalah mempermudah pencapaian tujuan pendidikan, dengan administrasi pendidikan semua yang diinginkan dalam pendidikan mudah untuk dicapai.

Selanjutnya fungsi administrasi pendidikan adalah dapat dikategorikan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengerakan, pengawasan, pengarahan, dan fungsi evaluasi dalam bidang pendidikan.

3.2     SARAN

Penulisan makalah yang berjudul “Tujuan Dan Manfaat Administrasi Pendidikan” ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, oleh karena itu besar harapan penulis untuk mengkritisi makalah ini, baik dari segi  isi maupun dari segi penulisan makalah.

Selanjutnya, mudah-mudahan makalah ini dapat dimanfaatkan oleh semua pembaca dan dapat dimanfaatkan. Atas kritik dan seran dari pembaca, penulis ucapkan terimakasih.



DAFTAR PUSTAKA

Daryanto,H.M. Administrasi Pendidikan,jakarta: Rineka Cipta, thn 2010,
Purwanto, Ngalim Administrasi dan Supervisi Pendidikan,Bandung:Rosda Karya, thn 2009,




[1] Op. Cit., Ahmad Sabri, hal. 10
[2] H.M. Daryanto, Administrasi Pendidikan,jakarta: Rineka Cipta, thn 2010,hal 17

0 komentar: