Makalah Administrasi Pendidikan Tentang Tujuan dan Manfaat Administrasi Pendidikan
Tentang
TUJUAN DAN
MANFAAT ADMINISTRASI PENDIDIKAN
DISUSUN OLEH :
DEA KOMALA SARI
Dosen Pengampu :
AHMAD ROJALI,M.Pd
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM
AS-SHIDDIQIYAH
TAHUN
AKADEMIK 2015
JL.
Lintas Timur Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya Kab. OKI
Sum-sel
30657
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur kita
panjatkan kehadirat Allah SWT. karena atas limpahan rahmat dan
hidayah-Nya sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan baik.
Makalah ini berjudul “Tujuan dan Manfaat Administrasi”. Makalah
ini disusun agar dapat bermanfaat sebagai media sumber informasi dan
pengetahuan.
Ucapan terima kasih
kepada Dosen Mata Kuliah Pengantar Ilmu Administrasi Pendidikan,
teman-teman dan semua pihak yang telah terlibat dan memberikan
bantuan dalam bentuk moril maupun materil dalam proses
penyusunan makalah ini, sehingga dapat selesai tepat pada waktunya.
Penyusun menyadari makalah
ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang bersifat
konstruktif sangat dibutuhkan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan berguna
serta bisa digunakan sebagaimana mestinya.
Lempuing
Jaya, Maret 2015
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN DEPAN................................................................................. i
KATA PENGANTAR............................................................................... ii
DAFTAR ISI.............................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang............................................................................. 1
1.2 Rumusan Masalah......................................................................... 1
1.3 Tujuan........................................................................................... 2
1.4 Manfaat........................................................................................ 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Ruang Lingkup
Administrasi Pendidikan.................................... 3
2.2 Tujuan
Administrasi Pendidikan.................................................. 5
2.3 Manfaat Administrasi Pendidikan................................................ 7
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan................................................................................... 8
3.2 Saran............................................................................................. 8
DAFTAR
PUSTAKA................................................................................ 9
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Administrasi adalah kegiatan yang
menduduki kedudukan sentral di dalam pembinaan dan pengembangan pada setiap
kegiatan kerjasama sekelompok manusia, dalam bidang pendidikan juga harus ada
administrasi yang mampu mengembangkan dan mencapai tujuan pendidikan. Karena
pada lingkungan setiap lembaga pendidikan formal terdapat sejumlah manusia,
baik yang berkedudukan sebagai pimpinan maupun sebagai tenaga pelaksana. Mereka
tidak cukup dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan mengenai bidang
pendidikan saja, akan tetapi harus dibekali pula dengan kemampuan bekerjasama
dan kemampuan mengarahkan kerjasama itu guna mencapai tujuan lembaga pendidikan
masing-masing.
Dalam dunia pendidikan diindonesia,
bidang studi administrasi pendidikan boleh dikatakan masih baru. Dinegara-negara yang sudah maju,
administrasi pendidikan mulai berkembang dengan pesat sejak abad 20-an,
terutama sejak berakhirnya perang dunia kedua. Khususnya dinegara kita
Indonesia administrasi pendidikan mulai diperkenalkan melaluai beberapa IKIP
sejak tahun 1960-an, dan baru dimasukkan sebagai mata pelajaran dan mata ujian
di SGA/SPG sejak tahu ajaran 1965/1966. Oleh karena itu, tidak mengherankan
jika para pendidik sendiribanyak yang belum memahami betapa perlu dan pentingya
adminstrasi pendidikan itu dalam penyelenggaraan dan pengembanagan pendidikan
pada umumnya. Disamping itu, administrasi pendidikan itu sendiri sebagai ilmu,
terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembanagn pendidikan dinegara
masing-masing.
1.2
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas dapat di rumuskan masalah sebagai
berikut:
1. Bagaimana Ruang Lingkup
Administrasi Pendidikan?
2. Apa Tujuan
Administrasi Pendidikan?
3. Apa Manfaat Administrasi Pendidikan?
1.3
TUJUAN
Adapun tujuan dari pembuatan
makalah ini yaitu sebagai berikut:
1. Agar mengetahui Ruang
Lingkup Administrasi Pendidikan
2. Agar mengetahui Tujuan dari
administrasi pendidikan
3. Agar memahami Manfaat dari administrasi pendidikan
1.4 MANFAAT
Manfaat pembuatan
makalah ini sebagai berikut:
1. Dapat mengetahui Ruang
Lingkup Administrasi Pendidikan
2. Dapat mengetahui Tujuan dari
administrasi pendidikan
3. Dapat memahami Manfaat Administrasi Pendidikan
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 RUANG LINGKUP
ADMINISTRASI PENDIDIKAN
1. Administrasi tata laksana sekolah yang meliputi ;
·
Organisasi dan Struktur
·
Otorisasi dan anggaran
·
Kepegawaian
·
Perlengkapan dan perbekalan
·
Keuangan dan pembukuan
·
Korespondensi/surat menyurat
·
Laporan
·
Pengangkatan,penempatan dan pemindahan
serta pemberhentian
·
Pengisian buku pokok (induk) raport
dsb.
2. Administrasi personal guru dan pegawai sekolah melipuiti;
a. Pengangkatan dan penempatan guru
b. Organisasi personal guru
c. Masalah kepegawaian dan kesejahteraan guru
d. Rencana orientasi bagi tenaga guru baru
e. kondiute dan penilaian kemajuan guru
f. Inservise training dan up-grading guru.
3. Administrasi murid melipuiti;
a)
Organisasi dan perkumpulan murid
b)
Masalah kesehatan dan kesejahteraan
murid
c)
Penilaian dan pengukuran murid
d) Bimbingan dan penyuluhan.
4. Supervisi Pengajaran meliputi;
a.
Usaha membangkitkan dan merangsang
semangat guru
b.
Usaha mengembanngkan,mencari dan
menggunakan metode baru
c.
Mengusahakan cara-cara menilai hasil
pendidikan dan pengajaran
d.
Usaha mempertinggi mutu dan pengalaman
guru.
5. Pelaksanaan dan pembinaan kurikulum meliputi;
a.
Mempedomani dan merealisasikan apa yang
tercantum dalam kurikulum
b.
Menyusun dan melaksanakan organisasi
kurikulum beserta materi,sumber Dan metode.
c.
Menuruti atau megikuti kurikulum yang
sudah ada juga berhak atau boleh Memilih atau menambah materi atau
metode yang sesuai dengan kebutuhan.
Dalam buku “Pedoman Umum Menyelenggarakan
Administrasi Sekolah Menengah”, disebutkan pula mengenai ruang
lingkup kegiatan administrasi sekolah adalah meliputi:
a. Administrasi program pengajaran
b. Administrasi murid atau siswa
c. Administrasi kepegawaiaan
d. Administrasi keuangan
e. Administrasi perlengkapan
f. Administrasi surat menyurat
g. Administrasi perpustakaan
h. Administrasi pembinaan kesiswaan
i.
Administrasi hubungan sekolah dengan
masyarakat
6. Pendirian dan perencanaan bangunan sekolah meliputi;
a. Cara memilih letak dan menentukan luas tanah yang dibutuhkan
b. Mengusahakan, merencanakan, dan menggunakan biaya pendirian
gedung sekolah
c. Menentukan jumlah dan luas ruangan-ruangan kelas, kantor, gudang, asrama,
lapangan olahraga, podium, kebun sekolah, dsb, serta komposisinya satu sama
lain.
d. Cara-cara penggunaan gedung sekolah dan fasilitas-fasilitas lain yang
efektif dan produktif, serta pemeliharaannya secara kontinyu.
e. Alat-alat perlengkapan sekolah dan alat-alat pelajaran yang dibutuhkan
f. Apa yang tercantum pada nomor 1 s/d 5 diatas sangat erat hubungannya dengan
kurikulum, kondisi-kondisi, serta kemajuan masyarakat setempat dan bertambahnya
jumlah anak-anak setiap tahunnya yang memerlukan sekolah tersebut.
7. Hubungan sekolah dengan masyarakat meliputi
Hal ini mencakup hubungan sekolah dengan sekolah-sekolah
lain, hubungan sekolah dengan pemerintah setempat, hubungan sekolah dengan
instansi-instansi dan jawatan-jawatan lain, dan hubungan sekolah dengan
masyarakat pada umumnya.
Dari uraian diatas, maka bidang-bidang yang mencakup
dalam administrasi pendidikan dapat dikelompokan menjadi 3:
a. Administrasi material, yaitu kegiatan administrasi yang
menyangkut bidang-bidang materi/ benda-benda, seperti ketatausahaan sekolah,
administrasi keuangan, gedung, dan alat-alat perlengkapan sekolah, dan
lain-lain.
b. Administrasi personel, mencakup didalamnya administrasi
personel guru dan pegawai sekolah, dan juga administrasi murid. Dalam hal ini
masalah kepemimpinan dan supervisi atau kepegawaian memegang peran yang sangat
penting.
c. Administrasi kurikulum, mencakup dialamnya penyusunan
kurikulum, pembinaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, seperti antara lain
pembagian tugas mengajar pada guru-guru, penyusunan syllabus atau rencana
pengajaran tahunan, persiapan harian dan mingguan, dan sebagainya[1].
2.2 TUJUAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Tujuan administrasi pendidikan tidak lain adalah agar
semua kegiatan itu mendukung tercapainya tujuan pendidikan atau dengan kata
lain administrasi digunakan didalam dunia pendidikan adalah agar tujuan
pendidikan tercapai.
Seperti yang dikatakan Sergiovanni dan Carver (1975), ada
4 tujuan aministrasi yaitu: efektivitas produksi, efisiensi, kemampuan
menyesuaikan diri (adaptiveness), dan kepuasan kerja[2].
Sasaran administrasi pendidikan
adalah manusia, maka pelaksanaannya tidak boleh tidak dapat disetarafkan dengan
“ordenil mesin”. Sifat administrasinyapun tidak bias bersifat
mekanistis. Pelaksanaan administrasi pendidikan harus bersendikan pada
prinsip-prinsip yang sifatnya kooperatif dan demokratis. Kegiatan administrasi
pendidikan hendaknya didasarkan pada:
1)
Tujuan
pendidikan dan perkembangan anak didik,
2)
Adanya
koordinasi dalam semua usaha,
3)
Penggunaan
waktu, tenaga dan alat secara efektif dan efesien,
4)
Partisipasi
yang luas dalam menentukan policy dan program,
5)
Memindahkan
kekuasaan yang sesuai dengan tanggung jawab,
6) Menghindarkan overlapping fungsi.
Tujuan administrasi pendidikan
dapat dikelompokkan kepada tujuan jangka pendek, tujuan jangka menengah, dan
tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek dari administrasi pendidikan adalah
agar tersusun dan terlaksana suatu system pengelolaan komponen instrumental
dari proses pendidikan yang meliputi komponen siswa, pegawai guru,
sarana/prasarana, organisasi, pembiayaan, tata usaha dan hubungan sekolah
dengan masyarakat, agar terlaksananya proses pendidikan di sekolah secara
efektif yang menunjang tercapainya tujuan pendidikan di sekolah yang
bersangkutan.
Tujuan jangka menengah
administrasi pendidikan mengarah kepada pencapaian tujuan institusional setiap
jenis dan jenjang serta program pendidikan. Sedangkan tujuan jangka panjang
administrasi pendidikan adalah tujuan yang diarahkan untuk mencapai tujuan
pendidikan nasional.
Disamping itu secara operasional
administrasi pendidikan bertujuan untuk:
1) Memudahkan pekerjaan administrasi dalam bidang pendidikan,
memudahkan proses pelaksanaannya, memanfaatkan potensi manusia dan material
yang diharapkan akan dapat menghasilkan keputusan-keputusan administrasi dalam
bidang pendidikan yang sifatnya realistis, kolektif, dan sehat untuk mencapai
penyelesaian masalah administrasi dalam bidang pendidikan yang dihadapi.
2) Menciptakan iklim ruhaniah, psikologis dan sosial
dengan memperhatikan dan memupuk kejujuran, amanah, keikhlasan dalam bekerja.
3) Meningkatkan moral dan semangat kesetiakawanan di
antara individu yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan administrasi pada lembaga
pendidikan.
4) Meningkatkan produktivitas kerja para pekerja,
serta memperbaiki kualitas, metode dan media dalam kaitannya untuk mencapai
tujuan pendidikan.
5) Meningkatkan kemampuan pekerja dan mempertinggi
pengetahuan, keterampilan dan sikap secara terus menerus dalam melakukan
pekerjaan yang diemban.
6) Mengadakan perubahan yang diinginkan dalm proses
pendidikan dengan seluruh aspeknya dan mendorong peserta didik dalam mencapai
pertumbuhan yang menyeluruh dan utuh, serta dapat melakukan penyesuaian dalam
masyarakat yang selalu mengalami perubahan.
7) Menghubungkan antara proses pendidikan dan
tujuan-tujuan pembangunan dalam masyarakat, serta mempererat hubungan
pendidikan dengan masyarakat/ lingkungan.[3]
2.3 MANFAAT ADMINISTRASI PENDIDIKAN[4]
Adapun manfaat administrasi
pendidikan menurut Prof. Dr. H. Asnawir adalah sebagai berikut:
1. Mengangkat derajat kinerja pekerja dan menolong
mensukseskan dan memperbaiki kinerja tersebut.
2. Menciptakan iklim kerja yang baik untuk menerapkan
prinsip-prinsip hubungan kemanusiaan yang sehat dengan menekankan penghargaan
kepada setiap orang pada lembaga pendidikan yang bersangkutan.
3. Mendorong menterjemahkan, merubah pikiran-pikiran
dan teori-teori pendidikan menjadi kurikulum, program, metode, media, prosedur
dan berbagai aktivitas pendidikan lainnya untuk menempuh jalan yang tepat dalam
rangka mencapai tujuan pendidikan.
4. Berusaha menghubungkan/mempertemukan lembaga
pendidikan dengan masyarakat kearah pengembangan, kemajuan dan kestabilan.
Selanjutnya Ahmad Sabri dalam bukunya administrasi
pendidikan menyebutkan manfaat administrasi pendidikan bagi seorang tenaga
kependidikan yang mempelajari administrasi pendidikan adalah:
1) Dapat mengetahui dan menyadari akan tugas-tugas dan
kewenangan yang mesti dipikulnya serta mengetahui
bagaimana cara-cara melaksanakan tugas-tugas dan kewenangan masing-masing.
2) Dapat menghindarkan kesalahan-kesalahan kerja atau
overlapping kerja/ tugas.
3) Mengetahui bagaimana melaksanakan sesuatu kegiatan
kependidikan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan supaya tercapai efektif
serta secara tepat.
4) Mengetahui batas-batas hak dan kewajiban
masing-masing tenaga kependidikan.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Dari uarian di atas, maka dapat disimpulkan
bahwa administrasi adalah semua kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama
untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan. Selanjutnya pengertian
administrasi pendidikan adalah tindakan mengkoornisasikan perilaku manusia
dalam pendidikan, agar sumber daya yang ada dapat ditata sebaik mungkin,
sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara produktif atau dengan kalimat
lain dapat disimpulkan bahwa administrasi pendidikan adalah kegiatan yang
dilakukan di instansi pendidikan secara beersama-sama untuk mewujudkan tujuan
pendidikan yang diinginkan.
Secara umum tujuan administrasi pendidikan
adalah untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas penyelenggaraan kegiatan
operasional pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan. Adapaun yang menjadi
tujuan utama pendidikan adalah untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan
peserta didik agar menjadi warga Negara yang memiliki kualitas, sesuai dengan
cita-cita bangsa berdasarkan pancasila.
Adapun manfaat administrasi pendidikan adalah
sangat banyak, namun dapat disimpulkan bahwa manfaat administrasi pendidikan
adalah mempermudah pencapaian tujuan pendidikan, dengan administrasi pendidikan
semua yang diinginkan dalam pendidikan mudah untuk dicapai.
Selanjutnya fungsi administrasi pendidikan adalah
dapat dikategorikan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengerakan,
pengawasan, pengarahan, dan fungsi evaluasi dalam bidang pendidikan.
3.2 SARAN
Penulisan makalah yang berjudul “Tujuan Dan
Manfaat Administrasi Pendidikan” ini masih banyak kekurangan dan kesalahan,
oleh karena itu besar harapan penulis untuk mengkritisi makalah ini, baik dari
segi isi maupun dari segi penulisan
makalah.
Selanjutnya, mudah-mudahan makalah ini dapat
dimanfaatkan oleh semua pembaca dan dapat dimanfaatkan. Atas kritik dan seran
dari pembaca, penulis ucapkan terimakasih.
DAFTAR
PUSTAKA
Daryanto,H.M. Administrasi Pendidikan,jakarta: Rineka Cipta, thn
2010,
Purwanto, Ngalim Administrasi dan Supervisi Pendidikan,Bandung:Rosda Karya,
thn 2009,
http://sopiatunnahwiyah.blogspot.com/2012/10/makalah-administrasi-pendidikan.html di akses tanggal 18 september pukul 22.09
http://sopiatunnahwiyah.blogspot.com/2012/10/makalah-administrasi-pendidikan.html di akses tanggal 18 september pukul 22.09
http://sopiatunnahwiyah.blogspot.com/2012/10/makalah-administrasi-pendidikan.html di akses tanggal 18 september pukul 22.09
[1] Op. Cit., Ahmad Sabri, hal. 10
[3] http://sopiatunnahwiyah.blogspot.com/2012/10/makalah-administrasi-pendidikan.html di akses tanggal 18
september pukul 22.09
[4] [12]http://sopiatunnahwiyah.blogspot.com/2012/10/makalah-administrasi-pendidikan.html di akses tanggal 18
september pukul 22.09
0 komentar: