Makalah Administrasi Pendidikan Tentang Fungsi Data Dan Kantor Sekolah
Tentang
Fungsi
Data Dan Kantor Sekolah
Dosen Pengampu :
AHMAD ROJALI,M.Pd
DISUSUN OLEH :
SUJIATI
PRODI : MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM
AS-SHIDDIQIYAH
TAHUN
AKADEMIK 2015
JL. Lintas Timur Desa Lubuk Seberuk Kec.
Lempuing Jaya Kab. OKI
Sum-sel 30657
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. karena atas
limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga makalah ini dapat
diselesaikan dengan baik. Makalah ini berjudul “Fungsi Data dan
Kantor Sekolah”. Makalah ini disusun agar dapat bermanfaat sebagai
media sumber informasi dan pengetahuan.
Ucapan terima kasih kepada Bapak Ahmad Rojali,M.Pd.I selaku Dosen
Mata Kuliah Pengantar Ilmu Administrasi Pendidikan, teman-teman dan semua
pihak yang telah terlibat dan memberikan bantuan dalam bentuk
moril maupun materil dalam proses penyusunan makalah ini, sehingga
dapat selesai tepat pada waktunya.
Penyusun menyadari makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu
kritik dan saran yang bersifat konstruktif sangat dibutuhkan. Semoga makalah
ini dapat bermanfaat dan berguna serta bisa digunakan sebagaimana
mestinya.
Lempuing
Jaya, Maret 2015
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN
DEPAN..................................................................................... i
KATA
PENGANTAR................................................................................... ii
DAFTAR
ISI.................................................................................................. iii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang.................................................................................. 1
1.2 Rumusan Masalah............................................................................. 1
BAB
II PEMBAHASAN
2.1 Fungsi Data....................................................................................... 2
2.2 Pengertian Kantor............................................................................. 7
2.3 Tujuan Kantor................................................................................... 7
2.4 Fungsi Kantor................................................................................... 8
BAB
III PENUTUP
3.1 Kesimpulan....................................................................................... 10
3.2 Saran................................................................................................. 11
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 12
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG
Administrasi pendidikan merupakan
proses keseluruhan dan kegiatan-kegiatan bersama yang harus dilakukan oleh
semua pihak yang ada sangkut pautnya dengan tugas-tugas pendidikan.
Adiministrasi pendidikan mencakup kegiatan-kegiatan yang luas, seperti kegiatan
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan khususnya dalam
bidang pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah.
Pada dasarnya administrasi
pendidikan bukan hanya sekedar kegiatan tata usaha seperti yang dilakukan di
kantor-kantor tata usaha yang terdapat di sekolah-sekolah maupun kantor invasi
pendidikan yang lainnya. Namun pada hakekatnya administrasi pendidikan adalah
suatu ilmu tentang penyelenggaraan pendidikan di sekolah atau tempat pendidikan
yang lain dengan harapan tercapainya tujuan pendidikan di tempat-tempat
penyelenggaraan pendidikan tersebut.
1.2
RUMUSAN
MASALAH
1.
Apa Fungsi Data
Sekolah ?
2.
Apa yang dimaksud
dengan Kantor?
3.
Apa Tujuan Kantor?
4.
Apa Fungsi Kantor?
5.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 FUNGSI DATA
Sesuai dengan tugas dan fungsinya Pusat data Statistik
Pendidikan (PDSP) selaku pengelola data dan statistik pendidikan dan
bertanggung jawab melakukan pengelolaan pangkalan data untuk konten data
pendidikan dan kebudayaan oleh karena itu Pusat data Statistik Pendidikan
(PDSP) menyelenggarakan berbagai peran pengelolaan data dan pembangunan system
sebagai berikut:
1.
Pengelolaan Nisn - Nomor Induk Siswa Nasional
Adalah layanan pemberian kode identitas peserta
didik. Kode ini diberikan sejak anak terdaftar sebagai peserta didik di sekolah
formal. Mekanisme pemberian kode pengenal identitas peserta didik tersebut
berdasarkan pengajuan dari pihak sekolah yang kemudian di validasi/verifikasi
oleh dinas pendidikan kabupaten/kota setempat secara online ke sekretariat
direktorat jenderal terkait .Kemudian di verifikasi dan validasi sebelum
diajukan ke PDSP. Hasil dari proses pemberian kode identitas peserta didik
tersebut ditampilkan melalui website NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id.
2.
Pengelolaan Nuptk - Nomor Unik Pendidik Dan
Tenaga Kependidikan
Adalah layanan pemberian kode identitas yang
unik kepada pendidik. Kode ini diberikan kepada pendidik (guru) yang masih
aktif. Untuk saat ini NUPTK sedang dalam proses sinkronisasi data. NUPTK (Nomor
Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) adalah nomor identitas yang bersifat
nasional untuk seluruh PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan). NUPTK terdiri
dari 16 angka yang bersifat tetap, karena NUPTK yang dimiliki seorang PTK tidak
akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar atau
terjadi perubahan data periwayatan.
3.
Pengelolaan Npsn - Nomor Pokok Sekolah Nasional
Adalah layanan pemberian kodei dentitas untuk
satuan pendidikan (sekolah. Kode ini diberikan sejak sekolah mulai beroperasi.
Mekanisme pemberian kode identitas untuk satuan pendidikan (sekolah) dilakukan
berdasarkan pengajuan pihak sekolah ke dinas pendidikan kabupaten/kota setempat
yang kemudian di validasi/verifikasi oleh dinas pendidikan kabupaten/kota
setempat secara online ke sekretariat direktorat jenderal terkait. Kemudian di
verifikasi dan validasi sebelum diajukan ke PDSP. Hasil dari proses pemberian
kode identitas satuan pendidikan tersebut ditampilkan melaluilaman NPSN, untuk
informasi lebih lanjutan dapat mengunjungi website kami http://npsn.data.kemdiknas.go.id
4.
Pengelolaan Data Referensi
Data Referensi NPSN adalah aplikasi berbasis
web yang digunakan untuk Pengolahan Data Satuan Pendidikan di lingkungan
PDSP-KEMDIKBUD, yang merupakan salah satu Master Referensi pengelolaan data
pokok pendidikan. Syarat NPSN adalah SK Operational yang dikeluarkan oleh
Kantor Dinas Pendidikan setempat. Tujuan dibangunnya Sistem Data Referensi
adalah untuk mengintegrasikan pengelolaan data pokok pendidikan, untuk
menunjang terintegrasinya Program Pembangunan Pendidikan, melalui Mekanisme
pendataan yang ada di masing-masing Direktorat (Dikdas, Dikmen, PAUDNI dan
DIKTI). Untuk informasi lebih lanjut anda dapa tmengunjungi website kami http://refsp.data.kemdikbud.go.id
5.
Pengelolaan Executive Information System (Eis)
EIS : EDU-OLAP (Education Online Analytical
Processing) merupakan alat bantu pengambilan keputusan, yang menyajikan dan
melihat potret pendidikan di Indonesia secara komprehensif dan didukung oleh
data yang akurat yang disertai metode analisis yang teruji, serta memiliki
kemampuan melihat permasalahan pendidikan dari berbagai dimensi, sekaligus
mudah dipahami karena penyajian datanya diberikan dalam perspektif geografi,
dan disajikan secara visual.
6.
Pengelolaan Geographic Information System (Gis)
Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah
Pengembangan sistem Analisis Spasial Pendidikan yang menggunakan data statistik
pendidikan, yang terkumpul secara rutin (tahunan) untuk dibuat suatu formula
strategi nasional dalam mensosialisasikan, mengimplementasikan, melakukan
monitoring dan evaluasi kemajuan suatu kebijakan kementerian.
7.
Layanan Statistik & Analisis
o Statistik
Pendidikan Taman Kanak-kanak
o Statistik
Pendidikan Sekolah Dasar
o Statistik
Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
o Statistik Pendidikan
Sekolah Menengah Atas
o - Statistik Pendidikan Sekolah Menengah
Kejuruan
o Statistik
Pendidikan Sekolah Menengah
o Statistik
Pendidikan Pendidikan Luar Biasa
o StatistikPendidikan
Non Formal
o Statistik PendidikanTinggi
o RangkumanStatistikPersekolahan
o Indonesia
Educational Statistics in Brief
o Ikhtisar Data
Pendidikan Nasional - Analisis Publikasi Indikator Pendidikan Gender
o Analisis
Publikasi Perkembangan Data
o Pendidikan
(Data Pendidikan, Guru, PT)
o Publikasi Data
dan Informasi Pendidikan (Education Development, Selayang Pandang dan
Management)
o Profil
PerguruanTinggi
o Profil
Pendidikan Dasar dan Menengah
o Profil
Pendidikan Non Formal
o Indikator
Pendidikan di Indonesia
8.
Data Warehouse
Data warehouse Kementrian pendidikan dan
Kebudayaan adalah sebuah sistem yang mengambil dan menggabungkan data secara
periodik dari berbagai unit utama pengumpul data ke penyimpanan data bentuk
dimensional atau normal yang berada di Pusat Data dan Statistik Pendidikan
(PDSP) Data warehouse Kementrian pendidikan dan Kebudayaan adalah merupakan
penyimpanan data yang berorientasi objek, terintegrasi, mempunyai variant
waktu, dan menyimpan data dalambentuk nonvolatile sebagai pendukung manejemen
dalam proses pengambilan keputusan.
Data warehouse menyatukan dan menggabungkan data
dalam bentuk multidimensi. Pembangunan data warehouse meliputi pembersihan
data, penyatuan data dan transformasi data dan dapat dilihat sebagai praproses
yang penting untuk digunakandalam data mining. Selain itu data warehouse
mendukung Online Analytical Processing (OLAP), sebuah alat yang digunakan untuk
menganalisis secara interaktif dari bentuk multidimensi yang mempunyai data
yang rinci. Sehingga dapat memfasilitasi secara efektif data generalization dan
data mining.
Data warehouse merupakan metode dalam
perancangan database, yang menunjang DSS(Decission Support System) dan EIS
(Executive Information System).
9.
Optimalisasi Jaringan Pangkalan Data Pendidikan
Sistem Aplikasi Enterprise "AUTONOMY
PROCESS AUTOMATION (APA)" yang digunakan dalam Optimalisasi Jaringan
Pangkalan Data Pendidikan yang merupakan perwujudan alur kerja dan proses kerja
pendataan pendidikan nasional yang terencana, termonitor dan accountable dalam
menata data yang tersebar dan mengoptimalisasi rangkaian kegiatan pendataan
yang utuh dan menyediakan database yang sahih guna meningkatkan sistem tata
kelola yang handal dan menjamin terselenggaranya layanan prima pendidikan
nasional yang terintegrasi
10.
SISTEM APLIKASI PROGRAM BERMUTU(Better
Education Through Reformed Management And Universal Teacher Upgrading)
Sistem Aplikasi Pendukung Data Bermutu adalah
sistem aplikasi yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan informasi yang
diperlukan oleh analis dan manajemen Kemdikbud untuk Monitoring & Evaluasi
Program Bermutu (Better Education Through Reformed Management and Universal
Teacher upgrading) yang berjalanserta untuk merancang kebijakan yang baru.
Sesuai dengan karakteristik penggunaanya, informasi dari Sistem Aplikasi KKG /
MGMP BERMUTU ini harus merupakan pengolahan lanjut dari data awal, disajikan
secara padat, ringkas dan komprehensif, serta fleksibel terhadap kebutuhan yang
bersifat ad-hoc
11.
Sistem Aplikasi Monitoring Rehab Sekolah
Sistem Aplikasi Monitoring Rehab Sekolah adalah
program aplikasi berbasis web untuk membantu monitoring pelaksanaan Program
Rehab Sekolah.
12.
Program Lainnya
Program Integrasi UN (Ujian Nasional) Program
Integrasi BOS, Program Integrasi Pendataan Dikdas, Program Integrasi Pendataan
Dikmen. Program Integrasi Bantuan Siswa Miskin (BSM), E-Learning Pengelolaan
Pendataan Pendidikan, danlainnya
2.2
PENGERTIAN KANTOR
Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kantor adalah balai (gedung,rumah,ruang)
tempat mengurus suatu pekerjaan (perusahaan); tempat bekerja. Pengertian lain
mengenai kantor yaitu, kantor adalah sebuah unit organisasi yang terdiri dari
tempat, personil dan operasi ketatausahaan untuk membantu pimpinan organisasi.
Kantor adalah sebuah
unit organisasi yang terdiri dari tempat,personil dan operasi ketatausahaan
untuk membantu pimpinan organisasi.
Intesis dari 2 definisi
di atas adalah kantor merupakan wadah atau tempat untuk sekelompok orang yang
melakukan kegiatan tata usaha.
2.3 TUJUAN KANTOR
Tujuan Kantor adalah
memberikan sebuah sistem pelayanan berupa komunikasi dan perekaman/pemyimpanan.
2.4 FUNGSI KANTOR
Kantor mempunyai
beberapa fungsi di antaranya, yaitu menerima informasi, merekam informasi, mengatur
informasi, memberi informasi dan melindungi aset/harta.
1.
Menerima Informasi
Salah satu fungsi
kantor yang pertama adalah untuk menerima segala macam bentuk I nformasi, seperti
surat, panggilan telepon, pesanan, faktur, dan juga semua laporan tentang
segala macam kegiatan bisnis.
2.
Merekam Informasi
Fungsi kantor yang
kedua yaitu untuk merekam/menyimpan informasi agar informasi tersebut dapat
sesegera mungkin disiapkan apabila pihak manajemen memintanya. Rekaman atua
record semua informasi harus disimpan untuk kepentingan hukum atau sebagai
sebuah alat bukti.
3.
Mengatur Informasi
Kantor berfungsi untuk
mengatur segala macam bentuk dari sebuah informasi dengan cara yang sistematis
agar informasi tersebut dapat dimanfaatkan/digunakan oleh pihak yang
membutuhkan secara maksimal. Sebagai Contoh, laporan dari sebuah kegiatan
promosi yang dilakukan oleh pihak perusahaan dengan cara menyajikan informasi
dengan jelas dan dapat dibaca dengan baik. Laporan tersebut dibuat oleh pihak
yang menggunakan informasi atau data yang sudah diatur secara sistematis
didalam kantor.
4.
Memberi Informasi
Kantor berfungsi untuk memberikan informasi kepada pihak yang membutuhkan.
Apabula pihak manajemen meminta informasi,kantor memberikan informasi yang
dibutuhkan berdasarkan data yang telah diterima,dihimpun,diatur dan disimpan.
5.
Melindungi Aset/Harta
Disamping yang fungsi yang lainnya, Kantor juga memiliki fungsi untuk
melindungi aset atau harta. Segala macam bentuk informasi/data yang diterima
oleh kantor adalah sebuah aset atau harta dari kantor tersebut.
BAB
III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
1. FUNGSI DATA
1.
Program Lainnya
2.
Sistem Aplikasi Monitoring Rehab Sekolah
3.
Sistem Aplikasi Program Bermutu(Better
Education Through Reformed Management And Universal Teacher Upgrading)
4.
Optimalisasi Jaringan Pangkalan Data Pendidikan
5.
Data Warehouse
6.
Layanan Statistik & Analisis
7.
Pengelolaan Geographic Information System (Gis)
8.
Pengelolaan Executive Information System (Eis)
9.
Pengelolaan Data Referensi
10.
Pengelolaan Npsn - Nomor Pokok Sekolah Nasional
11.
Pengelolaan Nuptk - Nomor Unik Pendidik Dan Tenaga
Kependidikan
12.
Pengelolaan Nisn - Nomor Induk Siswa Nasional
2. KANTOR
Kantor adalah sebuah unit organisasi yang terdiri dari tempat,personil dan
operasi ketatausahaan untuk membantu pimpinan organisasi
Tujuan Kantor adalah
memberikan sebuah sistem pelayanan berupa komunikasi dan perekaman/pemyimpanan.
Sedangkan fungsi Kantor
sekolah adalah :
1.
Menerima Informasi sekolah baik dari luar ataupun dari dalam
2.
Merekam Informasi sekolah yang dilakukan didalam sekolah tersebut.
3.
Mengatur Informasi sekolah misalnya adminisrtasi dan data sekolah
lainnya.
4.
Memberi Informasi
5.
Melindungi Aset / Harta
3.2 SARAN
Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok
bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya,
kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada
hubungannya dengan judul makalah ini.
Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dusi kritik dan saran yang membangun kepada penulis
demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan – kesempatan
berikutnya.
Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca
yang budiman pada umumnya.
DAFTAR PUSTAKA
Sukirman, Hartati dkk. 2007.
Administrasi dan Supervisi Penddikan. Yogyakarta : UNY Press.
Koesmadji, et.all., 2000. Teknik Laboratorium. Bandung :
Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
0 komentar: